Powered by Blogger.
RSS

Pasar e-Commerce

Sistem transaksi e-commerce yang terbaru dibentuk dan disesuaikan untuk memungkinkan para pembeli serta penjual memnuhi berbagai standar perdagangan berkecepatan tinggi : lelang, katalog, dan jual beli.

Perusahaan ukuran apapun kini dapat membeli apa saja dari bahan kimia hingga suku cadang elektronik, energi listrik yang berlebih, bahan bangunan atau produk kertas dalam pasar e-commerce B2B. Akan tetapi, banyak portal e-commerce B2B menyediakan beberapa jenis pasar. Jadi, mereka dapat menawarkan sebuah situs belanja melalui katalog dan pemesanan untuk berbagai produk dari banyak pemasok dalam sebuah industri. Atau mereka dapat berfungsi sebagai tempat jual beli untuk pembelian dan penjualan melalui proses lelang, atau dengan harga tawaran. Bentuk yang sangat terkenal adalah situs Web lelang elektronik untuk lelang B2B produk dan jasa. Mengilustrasikan sistem perdagangan B2B yang menawarkan pasar elektronik untuk transaksi jual beli, lelang dan lelang terbalik (tempat penjual menawar untuk suatu bisnis dari pembeli).

Banyak dari portal e-commerce yang dikembangkan dan dijalankan oleh pihak ketiga perusahaan pembentuk pasar (market maker) yang berfungsi sebagai infomediari yang membawa pembeli serta penjual bersama kedalam katalog , jual beli dan pasar  lelang. Infomediari adalah perusahaan yang berfungsi sebagai perantara dalam transaksi e-business dan e-commerce. Contohnya adalah Ariba, Commerce One, VerticalNet dan FreeMarket yang merupakan beberapa perusahaan yang berhasil. Semuanya menyediakan produk dan jasa software para e-commerce untuk memperkuat portal Web dalam transaksi e-commerce.

Situs e-commerce B2B ini membuat keputusan membeli lebih cepat dibuat , lebih sederhana dan lebih hemat karena perusahaan dapat menggunakan sistem Web untuk meneliti serta bertransaksi dengan banyak penjual. Para pembeli mendapatkan layanan pembelian lengkap dibawah satu atap (one-stop shopping) dan informasi pembelian yang akurat. Mereka juga mendapatkan saran yang objektif dari informasi yang tidak bisa mereka dapatkan dari berbagai situs yang dijalankan oleh pemasok dan distributor. Jadi, perusahaan dapat menegosiasikan atau menawar harga yang lebih baik dari kesatuan penjual yang lebih besar . Tentu saja , para pemasok mendapatkan manfaat dari kemudahan akses kepelanggan diseluruh dunia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment