Powered by Blogger.
RSS

osCommerce

Bagi Anda yang tidak puas hanya dengan membangun toko online di domain gratisan seperti multiply, tokopedia.com dll, tidak ada salahnya untuk membuat web toko online dengan domain berbayar.
Dengan menggunakan domain sendiri, akan membuat situs toko online kita akan terlihat unik dan lebih profesional. Tidak terlalu sulit untuk membuat website toko online karena dengan berkembangnya teknologi, banyak software-software yang bisa kita pakai untuk membangun sebuah web toko online.

Untuk bisa membuat website dengan domain yang kita inginkan, terlebih dahulu Anda harus membeli nama domain dan hosting di perusahaan webhosting yang sekarang sudah banyak tersedia seperti rumahweb.com, pasarhosting.com, idwebhost.com dll.
Setelah menyelesaikan order dan transfer ke rekening perusahaan penyedia webhosting sesuai dengan nominal harganya, Anda akan mendapatkan mendapatkan informasi account username dan password untuk masuk ke cpanel hosting Anda. Maksimal 2x24 jam domain Anda sudah bisa aktif dan siap untuk dibangun.

Aplikasi osCommerce adalah solusi mudah membuat toko online, karena dengan fitur memudahkan pengguna untuk melakukan Setup , menjalankan , dan mengelola toko online. Keuntungan menggunakan osCommerce adalah skrip ini gratis dan juga tidak bergantung pada CMS lain seperti joomla, wordpress dan lain-lain.

Aplikasi osCommerce bisa berdiri sendiri, walaupun  begitu osCommerce bisa dikawinkan dengan program-program website lain yang bersifat Open Source seperti Wordpress, phpBB, v.buletin, image gallery dan lain-lain. Untuk memulai membuat toko online dengan osCommerce, anda perlu menginstall osCommerce Shopping cart melalui Fantastico Autoinstaaller Script yang ada di cpanel hosting Anda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pasar e-Commerce

Sistem transaksi e-commerce yang terbaru dibentuk dan disesuaikan untuk memungkinkan para pembeli serta penjual memnuhi berbagai standar perdagangan berkecepatan tinggi : lelang, katalog, dan jual beli.

Perusahaan ukuran apapun kini dapat membeli apa saja dari bahan kimia hingga suku cadang elektronik, energi listrik yang berlebih, bahan bangunan atau produk kertas dalam pasar e-commerce B2B. Akan tetapi, banyak portal e-commerce B2B menyediakan beberapa jenis pasar. Jadi, mereka dapat menawarkan sebuah situs belanja melalui katalog dan pemesanan untuk berbagai produk dari banyak pemasok dalam sebuah industri. Atau mereka dapat berfungsi sebagai tempat jual beli untuk pembelian dan penjualan melalui proses lelang, atau dengan harga tawaran. Bentuk yang sangat terkenal adalah situs Web lelang elektronik untuk lelang B2B produk dan jasa. Mengilustrasikan sistem perdagangan B2B yang menawarkan pasar elektronik untuk transaksi jual beli, lelang dan lelang terbalik (tempat penjual menawar untuk suatu bisnis dari pembeli).

Banyak dari portal e-commerce yang dikembangkan dan dijalankan oleh pihak ketiga perusahaan pembentuk pasar (market maker) yang berfungsi sebagai infomediari yang membawa pembeli serta penjual bersama kedalam katalog , jual beli dan pasar  lelang. Infomediari adalah perusahaan yang berfungsi sebagai perantara dalam transaksi e-business dan e-commerce. Contohnya adalah Ariba, Commerce One, VerticalNet dan FreeMarket yang merupakan beberapa perusahaan yang berhasil. Semuanya menyediakan produk dan jasa software para e-commerce untuk memperkuat portal Web dalam transaksi e-commerce.

Situs e-commerce B2B ini membuat keputusan membeli lebih cepat dibuat , lebih sederhana dan lebih hemat karena perusahaan dapat menggunakan sistem Web untuk meneliti serta bertransaksi dengan banyak penjual. Para pembeli mendapatkan layanan pembelian lengkap dibawah satu atap (one-stop shopping) dan informasi pembelian yang akurat. Mereka juga mendapatkan saran yang objektif dari informasi yang tidak bisa mereka dapatkan dari berbagai situs yang dijalankan oleh pemasok dan distributor. Jadi, perusahaan dapat menegosiasikan atau menawar harga yang lebih baik dari kesatuan penjual yang lebih besar . Tentu saja , para pemasok mendapatkan manfaat dari kemudahan akses kepelanggan diseluruh dunia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sistem Pemrosesan Transaksi Online

Sistem pemrosesan transaksi online memainkan peranan straregis dalam e-commerce. Banyak perusahaan menggunakan Internet, ekstranet, dan jaringan lain-lainnya yang mengikat mereka secara elektronik ke para pelanggan atau pemasok mereka untuk pemrosesan transaksi secara online (Online Transaction Processing-OLTP). Sistem real-time semacam ini, yang menangkap dan memproses transaksi dengan segera, dapat membantu perusahaan memberi layanan superior pada para pelanggan dan mitra dagang lainnya. Kemampuan ini menambah nilai bagi produk dan jasa mereka, dan selanjutnya memberi mereka suatu cara berharga untuk membedakan diri mereka dari para pesaingnya.

Pemrosesan Transaksi Online Syntellect

Mengilustrasikan sistem pemrosesan transaksi online untuk sistem TV kabel bayar-per-tampilan (pay-per-view) yang dikembangkan oleh Syntellect Interactive Services. Para penonton TV kabel dapat memilih berbagai siaran bayar-per-tampilan melalui perusahaan TV kabel mereka dengan menggunakan telepon atau World Wide Web. Pesanan bayar-per-tampilan tersebut ditangkap oleh sistem respon suara interaktif Syntellect atau server Web, kemudian dikirim keserver aplikasi database Syntellect. Ditempat tersebut pesanan diproses, database pelanggan dan penjualan diperbarui, serta pesanan yang telah disetujui disiarkan kembali ke server video perusahaan TV kabel, yang mentransmisikan siaran video beyar-per-tampilan ke pelanggan. Jadi, tim Syntellect yang terdiri lebih dari 700 perusahaan TV kabel menawarkan layanan yang sangat terkenal dan menguntungkan.


Siklus Pemrosesan Transaksi

Entri Data : Langkah pertama  dari siklus pemrosesan transaksi adalah penangkapan data bisnis.

Pemrosesan Transaksi : Sistem pemrosesan transaksi memproses data melalui dua cara dasar 1. batch processing 2. real-time processing.

Pemeliharaan Database : Database sebuah organisasi harus dipelihara oleh sistem pemrosesan transaksinya agar mereka  selalu benar dan baru.

Pembuatan Dokumen dan Laporan : Sistem pemrosesan transaksi menghasilkan berbagai dokumen dan laporan.

Pemrosesan Permintaan : Banyak sistem pemrosesan transaksi memungkinkan Anda untuk menggunakan Internet, intranet, ekstranet dan penjelajahan Web.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cisco Systems : Keberhasilan Pasar B2B

Situs e-commerce Cisco Connection Online memungkinkan para pemakasi berupa perusahaan untuk membeli router, switch dan hardware lainnya yang memungkinkan pelanggan untuk membangun jaringan informasi berkecepatan tinggi. Lebih dari 70 persen penjualan Cisco terjadi dalam situs ini. Jadi, apa yang membuat Cisco berhasil? Beberapa orang akan berargumentasi bahwa pasarnya hardware jaringan adalah produk utama untuk dijual online karena dasar pelanggannya terdiri seluruhnya.dari karyawan departemen TI dan para konsultan TI. Dalam beberapa hal, argumentasi itu benar. Di pihak lain, pesaing pada awalnya meremehkan usaha Cisco karena adanya kerumitan inheren dalam produknya. Akan tetapi, sulit untuk membantah bahwa Cisco telah membangun toko online dengan fungsi serta kegunaan yang merupakan model keberhasilan dalam dunia perdaganga  B2B.

Cisco mampu mencapai keberhasilan sebagian besar karena adanya berbagai penawaran layanan yang tersedia di seluruh proses pembeliannya. Sebagai tambahan dari penyediaan katalog dan fasilitas pemrosesan transaksi, Cisco memasukkan interface yang dipersonalisasikan bagi para pembeli, bagian dukungan pelanggan yang luas dengan informasi kontak, dokumen teknis, pembaruan software, alat konfigurasi produk, dan bahkan pelatihan serta sertifikasi online untuk hardware Cisco. Selain itu Cisco menyediakan integrasi langsung dengan sistem akhir internalnya bagi para langganan  dan menyediakan software hingga para pelanggan dapat menggunakan untuk mendesain hubungan khusus dengan software lini bisnis mereka dari berbagai pemain seperti SAP Amerika, PeopleSoft dan Oracle.

Cisco juga telah menggabungkan usaha untuk memastikan bahwa dukungan pelanggan purna jual tersedia bagi para pembeli segela jenis produk. Bagi kebanyakan perusahaan, hal ini berarti menejemen rekening yang dikelola teratur dan staf pendukung khusus untuk mengatasi berbagai masalah dan membantu dalam desain jaringan yang rumit. Bagi perusahaan yang lebih kecil yang mungkin dapat memasang router atau switch pertama mereka sendiri, Cisco menyertakan konfigurasi yang disarankan serta FAQs sederhana untuk membuat pemakai dapat menjalankan dan mengoperasikannya.

Sebagaimana banyak pasar virtual lainnya, Cisco Connection Online berintegrasi langsung dengan aplikasi internal dan database Cisco untuk secara otomatis mengelola persediaan serta produksi. Cisco bahkan memungkinkan berbagai penjual seperti HP, PeopleSoft, dan IBM untuk bertukar desain data agar dapat memungkinkan penanganan masalah (troubleshooting) konfigurasi jaringan secara mudah dan online.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Teknologi e-Commerce

Teknologi apa saja yang dibutuhkan untuk e-commerce? Jawaban singkatnya adalah sebagian besar teknologi informasi dan teknologi internet yang kita bahas dalam buku ini terlihat dalam sistem e-commerce.
Berbagai kategori e-commerce :
1. e-Commerce B2C perusahaan harus mengembangkan pasar elektronik yang menarik untuk menjual berbagai produk dan jasa ke para pelanggan. Contohnya, banyak perusahaan menawarkan situs Web e-commerce yang menyediakan pajangan virtual dan katalog multimedia, pemrosesan pesanan interaktif, sistem pembayaran yang aman, dan dukungan pelanggan online.
2. e-Commerce B2B kategori e-commerce ini melibatkan pasar e-business dan hubungan pasar langsung antar perusahaan. Contohnya banyak perusahaan menawarkan situs Web yang aman berisi katalog e-commerce melalui internet atau ekstranet untuk para pelanggan dari perusahaan dan para pemasok. Hal lain yang juga sangat penting adalah portal e-commerce B2B yang menyediakan pasar lelang dan jual beli untuk berbagai perusahaan. Perusahaan lain dapat bergantung pada pertukaran data elektronik (electronic data intercharge-EDI) melalui Internet atau ekstranet untuk pertukaran komputer-ke-komputer atas berbagai dokumen e-commerce dengan para pelanggan besar dari perusahaan pemasoknya.
3. e-Commerce C2C keberhasilan besar dari lelang online seperti eBay, tempat para pelanggan (dan juga perusahaan) dapat membeli serta menjual ke satu sama lain dalam proses situs Web lelang , menjadikan C2C sebuah strategis bisnis e-commerce yang penting. Jadi, berpartisipasi atau mensponsori lelang pelanggan atau perusahaan adalah alternatif e-commerce yang penting untuk B2C, C2C atau B2B. Iklan personal eletronik dari produk atau jasa untuk membeli atau menjual oleh para pelanggan di situs koran elektronik, portal e-commerce pelanggan , atau situs Web personal juga merupakan bentuk e-commerce C2C yang penting lainnya.

Pokok-pokoknya yang dibutuhkan dalam e-commerce untuk operasi dan manajemen aktivitas e-commerce yang berhasil baik. Pengendalian Akses dan Keamanan proses e-commerce harus membangun rasa percaya dan akses yang aman antara berbagai pihak dalam transaksi e-commerce, melalui otentikasi pemakai, pengotorisasian akses dan penerapan berbagai fitur keamanan. Misalanya, proses-prosen ini membangun situs e-commerce bagi para pelanggan untuk mengatakan siapa mereka melalui nama dan kata sandi (password) , kunci enkripsi, atau sertifikasi dan tanda tangan digital. Situs e-commerce kemudian harus mengotorisasikan akses hanya bagian-bagian situs yang perlu diakses setiap pemakai untuk menyelesaikan transaksinya. Jadi anda akan biasanya akan diberi akses ke semua sumber daya dari situs kecuali ke rekening orang lain, data perusahaan yang dibatasi dan area administrasi webmaster. Perusahaan-perusahaan yang melakukan e-commerce B2B dapat bergantung pada pertukaran industri terbatas untuk memperoleh barang dan jasa, atau melalui portal perdagangan Web yang memungkinkan hanya para pelanggan yang terdaftar mengakses informasi dan aplikasi perdagangan. Proses keamanan lainnya melindungi sumber daya situs e-commerce dari berbagai ancaman seperti serangan hacker, pencurian dari ancaman dan fitur keamanan.. Membuat Profil dan Personalisasi Begitu Anda telah mendapatkan akses ke situs e-commerce, proses pembuatan profile dapat dijalankan untuk mengumpulkan data mengenai Anda dan perilaku serta pilihan situs Web anda, dan membangun profil elektronik dari berbagai karakteristik serta preferensi Anda. Profil pemakai dikembangan dengan menggunakan alat pembuat profil seperti pendaftaran, file cookie, software penelusur dalam situs Web dan respons pemakai. Profil ini kemudian digunakan untuk mengenali Anda sebagai pemakai individual dan memberi Anda tampilan personalisasi atas berbagai isi situs tersebut, serta saran produk dan iklan Web yang telah dipersonalisasikan sebagai bagian dari strategi pemasaran personal. Proses pembuatan profil juga digunakan untuk membangun mengotentikasi identitas Anda untuk tujuan manajemen rekening dan pembayaran, serta untuk mengumpulkan data mengenai manajemen hubungan pelanggan, perencanaan pemasaran , serta menejemen situs Web.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS