Powered by Blogger.
RSS

Penerapan e-SCM

Banyak perusahaan  kini menjadikan  manajemen rantai pasokan (suplay chain management- SCM) sebagai tujuan strategis utama dan usaha awal untuk pengembangan aplikasi e-business besar. Pada dasarnya manajemen rantai pasokan membantu perusahaan mendapatkan produk yang tepat pada tempat yang tepat dalam waktu yang tepat dengan jumlah yang tepat serta biaya yang wajar. Tujuan dari SCM  adalah untuk mengelola secara efisien proses ini dengan memperkirakan permintaan, mengendalikan persediaan, meningkatkan jaringan  hubungan bisnis perusahaan  dengan para pelanggan, pemasok, distributor dan perusahaan lainnya.

Moen Inc. dan TaylorMade Golf menjalankan e-Supply Chain

Pada akhir tahun 1998, pembuatan keran Moen Inc. mulai mengirim file-file elektronik berbagai desain produk baru melalui e-mail. Beberapa bulan kemudian, perusahaan itu meluncur ProjectNet, situs ekstranet online tempat Moen dapat berbagai desain digital dengan para pemasok diseluruh dunia. Setiap pemasok dapat membuat perubahan dengan segera. Moen mengonsolidasikan semua perubahan desain dalam file induk Web. Dengan cara itu, masalah desain ditemukan secara instan dan penyesuaian dapat dilakukan secepat mungkin, memangkas waktu yang dibutuhkan untuk menyepakati desain akhir menjadi tiga hari.

Kemudian perusahaan tersebut menyerbu proses melelahkan untuk memesan suku cadang dari para pemasok dan memperbarui pesanan melalui fax atau telepon. Pada Oktober 2000, perusahaan tersebut meluncurkan situs ekstranet SupplyNet mereka yang memungkinkan para pemasok suku cadang memeriksa status pesanan Moen secara online. Setiap kali Moen mengubah pesanan, pemasok akan menerima e-mail. Jika seorang pemasok tidak dapat memenuhi pesanan tepat waktu, sistem tersebut akan memperingatkan Moen segera agar pembuat keran tersebut dapat mencari suku cadang itu ditempat lain. Kini, 40 pemasok utam yang 80 persen suku cadangnya dibeli Moen, menggunakan SupplyNet. Hasilnya, perusahaan itu memotong bahan baku dan persediaan barang dalam prosesnya sebesar $3 juta, atau hampir 6%.

Walaupun para pembuat perlengkapan golf umumnya meningkatkan persaingannya dimata publik dengan iklan-iklan atau logo-logo yang mudah tertangkap pandangan dan ditempel pada para pemain pelekat pada mobil balap TaylorMade Golf Co. (www.taylormadegolf.com) mengambil pendekatanyang tidak semewah itu. Perusahaan itu menghabiskan dua tahun memindahkan sistem informasi bisnisnya bersama dengan jaringan pemasok serta distributornya ke Web. Tentu saja, dan $10 juta untuk mengembangkan situs Web ekstranet terbatas agar dapat secara efisien menangani rincian administrasi ketika berhubungan dengan sistem para pemasok dan distributor, serta untuk berbagai perkiraan dan informasi persediaan dengan akan lebih mudah bagi mereka. Mark Leposky, wakil direktur utama bagian operasi global berkata bahwa TaylorMade dapat menghemat $50 juta dari biaya produksi pada tahun 2002 sama dengan penghasilan Tiger Wood hanya berdasarkan pada investasi senilai $10 jt untuk berpindah menjadi online.

Sistem baru yang berbasis Web telah mempersingkat jadwal produksi TaylorMade untuk satu set tongkat golf siap pakai, sebanyak lebih dari sepatuh Perusahaan tersebut juga kini dapat membuat rangkaian tongkat khusus dalam waktu kurang dari tujuh hari, sebagai ganti 6 minggu. Hasilnya, bisnis tongkat golf khusus TaylorMade meningkat dua kali lipat dalam tahun lalu.

Teknologi e-SCM dapat menolong perusahaan merekayasa ulang dan mengintegrasikan proses fungsional SCM yang mendukung siklus hidup rantai pasokan.


sumber : Introduction to Information System, McGraw-Hill

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

Anonymous said...

nama saya fajar. saya tinggal di bedono di jawa tengah saya berada dalam masalah keuangan yang sangat kronis dan situasi kesehatan terminal beberapa minggu yang lalu. setelah semua pencarian saya untuk bantuan dari teman dan tetangga terbukti gagal, saya merasa tidak ada orang yang benar-benar peduli. saya menjadi sangat lelah karena kurangnya dana untuk mengembangkan bisnis saya dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 tahun juga tidak tampan karena kurangnya perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan. suatu pagi yang setia saya melihat seorang teman lama mendiang suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya alami dan dia berkata satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke petugas pinjaman yang baik di AS yang juga membantunya, dia menjelaskan kepada saya tentang bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia didorong oleh petugas pinjaman ini (mr pedro yang memberinya pinjaman 7.000.000 usd dengan tarif terjangkau 2. dia selanjutnya meyakinkan saya bahwa mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman sah yang dia temukan secara online. dia memberi saya email mereka & begitulah cara saya melamar dan juga diberikan pinjaman dan hidup saya berubah untuk selamanya hubungi satu-satunya pemberi pinjaman asli mr pedro melalui email / whatsapp +18632310632 pedroloanss@gmail.com untuk menyelesaikan kekacauan keuangan Anda.

Post a Comment